TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI SIM 1 - SITI AMIRA SEPTYANI - 2EA18 - 16218751



Nama : Siti Amira Septyani
Kelas  : 2EA18
NPM   : 16218751



Aplikasi Sistem Teknologi Informasi di Fungsi - Fungsi Organisasi & 
Aplikasi Sistem Teknologi Informasi di Level - level Organisasi 
untuk Pengolahan Informasi Manajemen menjadi Pengetahuan Manajemen



PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

   Teknologi Informasi merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. 


    Berdasarkan uraian di atas, penulis akan membahas mengenai aplikasi sistem teknologi informasi di Fungsi - Fungsi Organisasi & Level - level Organisasi untuk sistem Zahir Accounting yang digunakan untuk pengolahan informasi Manajemen menjadi Pengetahuan Manajemen.

2. Rumusan Masalah

       Berdasarkan latar belakang penulisan maka dapat dirumuskan masalah
penulisan adalah sebagai berikut:

    1. Apa itu Zahir Accounting?
    2. Apa saja aplikasi Zahir Accounting pada Fungsi - Fungsi Organisasi?
    3. Apa saja aplikasi Zahir Accounting pada Level - Level Organisasi?

3. Tujuan Penulisan

    1. Menjelaskan pengertian Zahir Accounting
    2. Menjelaskan aplikasi Zahir Accounting pada Fungsi - Fungsi & 
        Level - Level Organisasi
    3. Memenuhi penyelesaian tugas mata kuliah Pengantar Teknologi SIM 1

PENGERTIAN ZAHIR ACCOUNTING

    Zahir  Accounting  adalah  sebuah  program  akuntansi  keuangan berbahasa  Indonesia,  fleksibel,  berfasilitas  lengkap  dan berdayaguna tinggi, yang dirancang agar tepat dengan kebutuhan usaha  kecil  dan  menengah  di  Indonesia.   Zahir  Accounting  Software  lebih tepat  disebut  sebagai  “Business  Management  Software” daripada  software  akuntansi,  yang  umumnya  hanya  berfungsi untuk  mencatat  jurnal  transaksi,  membuat  laporan  laba  rugi  dan laporan neraca, yang hanya mudah digunakan oleh mereka yang mengerti teori akuntansi.

   Zahir  Accounting  versi  1.0  dibuat  pertama  kali  pada  tahun  1996 dan  pada  tahun  1997,  mulai  dikembangkan  versi  2.0  dan  mulai dipasarkan  pada  tahun  1999.  Hingga  saat  ini,  Zahir  Accounting telah  digunakan  di  perusahaan  kecil  maupun  perusahaan  besar dengan  6000-an  user  di  Indonesia,  dan  telah  memperoleh beberapa  penghargaan  di  tingkat  nasional.  Dalam perkembangannya,  Zahir  Accounting  terus  mengalami  perbaikan dan penyempurnaan dimana saat ini versi terbaru yang telah dirilis adalah  Zahir  Accounting  versi  5.1  build  10.  Perbaikan  dan penyempurnaan  tersebut  dilakukan  untuk  menyesuaikan perkembangan teknologi dan kebijakan yang diterapkan sehingga Zahir Accounting selalu up to date.

Zahir Accounting memiliki beberapa jenis produk, antara lain : 

1.  Zahir Small Business Accounting 5.1

Digunakan  untuk  usaha  kecil  yang  bergerak  di  bidang  jasa  dan perdagangan,  organisasi  nirlaba  dan  perorangan,  yang memerlukan  pembukuan  sederhana,  mengelola  uang,  piutang, tagihan dan pelaporan yang lengkap namun dengan harga sangat terjangkau, dan lain-lain. 

2.  Zahir Flexy Money 5.1

Digunakan  untuk  usaha  kecil  yang  bergerak  di  bidang  jasa, organisasi nirlaba dan perorangan, yang memerlukan pembukuan praktis  dan  lengkap,  mengelola  uang,  giro,  piutang,  tagihan  dan pelaporan secara mudah dan cepat, dan lain-lain. 

3.  Zahir Flexy Trade 5.1

Digunakan  untuk  usaha  kecil  bidang  perdagangan  yang memerlukan  pembukuan  praktis  dan  lengkap,  untuk  mengelola uang,  persediaan  barang  dagangan,  piutang,  tagihan  dan pelaporan secara mudah dan cepat, dan lain-lain. 

4.  Zahir Accounting Personal 5.1

Digunakan untuk usaha kecil dan menengah dalam bidang usaha jasa  dan  organisasi  nirlaba  yang  ingin  mengelola  usaha  dengan mudah  dan  lengkap,  untuk  usaha  yang  menerima  order  dengan sistem proyek, mengelola dan menghitung penyusutan fixed asset, sesuai untuk bidang usaha advertising, kontraktor, dan lain-lain.

5.  Zahir Standar 5.1

Digunakan  untuk  usaha  kecil  dan  menengah  dalam  bidang perdagangan,  konstruksi,  retail  sedang,  yang  ingin  mengelola usaha dengan mudah, memberikan kemudahan dalam mengelola proyek, menghitung penyusutan aktiva tetap, sesuai untuk  bidang usaha kontraktor, real estate, pabrik kecil, retail, dan lain-lain. 

6.  Zahir Enterprise 5.1

Dengan  database  Client  Server  yang  mampu  menangani  data yang  lebih  besar  dan  lebih  handal,  berbagai  fasilitas  baru  seperti multi  level  pricing,  komisi  bagian  penjualan,  laporan  yang  dapat didesain  sendiri,  laporan  dapat  di  drill  down  (dapat  di  klik)  untuk menampilkan detail laporan, dan lain-lain. 

7.  Zahir Point of Sale (POS) 5.1

Software  Point  of  Sale  yang  simpel  dan  mudah  digunakan, sebagai  software  kasir  yang  khusus  mencatat  penjualan  harian dengan  kecepatan  input  transaksi  yang  tinggi.  Beberapa  fasilitas yang  dimiliki,  antara  lain  :  penjualan  tunai  dan  kredit,  pencarian barang  per  suku  kata,  dapat  menggunakan  Bar  Code  Reader, Drawer, Customer Display, dan lain-lain.

Aplikasi Sistem Zahir Accounting di Fungsi-fungsi Organisasi

1. Sistem Pengolahan Data

   Untuk  mencatat  jurnal  transaksi,  membuat  laporan  laba  rugi  dan laporan neraca. Sistem dirancang mampu mengolah data berdasarkan siklus akuntansi menjadi informasi (laporan) sehingga bisa digunakan untuk mengambil keputusan manajerial.

2. Sistem Informasi Akuntansi

  Sistem yang mengolah data berupa transaksi untuk membentuk informasi berupa laporan dan digunakan untuk merencanakan, mengendalikan, mengoperasikan perusahaan, dan mengambil keputusan bisnis. Informasi tersebut harus bersifat akurat, relevan, tepat waktu (up to date), dan lengkap.
Manfaat sistem informasi akuntansi adalah sebagai berikut:

1. Menyediakan atau menyajikan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga perusahaan dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.

2. Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produksi produk atau jasa yang dihasilkan.

3. Meningkatkan efisiensi kinerja bisnis, baik itu pada bagian keuangan dan bagian lainnya.

4. Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan.

5. Meningkatkan sharing knowledge

Dengan adanya sistem informasi akuntansi yang baik maka perusahaan dapat melakukan proses operasi maupun informasi dengan  lebih efektif dan efisien karena adanya pengendalian yang mampu mengendalikan proses-proses tersebut sehingga dapat menghasilkan tujuan yang sesuai dengan yang diinginkan perusahaan. Selain itu, informasi akuntansi yang dihasilkan pada sistem tersebut dapat dipertanggung jawabkan untuk nantinya digunakan dalam mengambil sebuah keputusan mengenai keuangan perusahaan maupun digunakan oleh pihak eksternal perusahaan untuk berhubungan dengan kegiatan bisnis. Sehingga ketika perusahaan mampu menjalankan sistem informasi akuntansi dengan baik, maka manfaat dan tujuan di atas dapat dirasakan langsung dampak positifnya bagi perusahaan. Sebaliknya jika perusahaan tidak dapat menjalankan sistem informasi keuangan dengan baik maka akan menghambat proses bisnis dan mengakibatkan kegiatan bisnis tersebut tidak berjalan dengan lancar.


Aplikasi Sistem Teknologi Informasi di Level-Level Organisasi untuk Pengolahan Informasi Manajemen menjadi Pengetahuan Manajemen


1. Sistem Penunjang Keputusan

  Zahir  Accounting  adalah  software  akuntansi  keuangan  yang sangat inovatif, namun sangat berbeda dengan software akuntansi lainnya. Selain mempermudah pembukuan, dimana seluruh jurnal akuntansi  dan  laporan  keuangan  dibuat  secara  otomatis  tanpa perlu  mengerti  teori  akuntansi  yang mendalam,  Zahir  Accounting juga  akan  mempermudah  Anda  dalam  mengambil  keputusan bisnis,  karena  dilengkapi  berbagai  analisa  laporan  keuangan perusahaan,  seperti  analisa  rasio,  break  even  point  analysis, berbagai  grafik  dan  laporan  interaktif  yang  menarik  dan terintegrasi.


2. Sistem Informasi Eksekutif

  Memudahkan dan mendukung keterangan dan pembuatan keputusan yang dibutuhkan eksekutif senior dengan menyediakan kemudahan akses terhadap informasi baik dari dalam maupun dari luar yang relevan dengan tujuan organisasi.
  Banyak pengusaha tidak dapat membaca laporan keuangan, mereka tidak mengerti arti angka-angka yang disajikan, namun dengan Zahir Accounting mereka dapat dengan mudah mengetahui kinerja perusahaan dengan cepat, cukup klik grafik-grafik yang ada. Tersedia grafik analisa bisnis terpadu dalam satu layar, setiap grafik dapat diklik untuk dapat dianalisa. Tersedia juga grafik kinerja penjualan per pelanggan, per kelompok, per salesman, produk yang paling laku, paling tinggi omsetnya, paling untung, grafik rasio analysis dan grafik break even point analyis, dll.

DAFTAR PUSTAKA
  1. http://eprints.ums.ac.id/32464/2/BAB%20I.pdf
  2. http://yunitafrisha.blogspot.com/2015/01/pengertian-zahir-accounting.html?m=1
  3. https://zahiraccounting.com/id/blog/sistem-informasi-akuntansi/
  4. https://ddardiansyah.blogspot.com/2016/12/analisa-aplikasi-zahir-accounting.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengelolaan Etika dan Kebijakan dalam Sistem Informasi

Justice // Keadilan

dear Kak Alona, kakak kesayanganku