Tugas Etika Bisnis - Siti Amira Septyani - 3EA18 - 16218751 (19 Juni 2021)
Nama : SITI AMIRA
SEPTYANI
Kelas : 3EA18
NPM :
16218751
Tanggal : 19 Juni 2021
TUGAS ETIKA BISNIS
EVALUASI, QUIZ DAN PRESENTASI
1.
Jelaskan pengertian etika dan
apa yang dimaksud dengan etika berwirausaha !
Jawaban :
Etika berasal dari dari kata Yunani ‘Ethos’ (jamak
– ta etha), berarti adat istiadat
Etika berkaitan dengan
kebiasaan hidup yang baik, baik pada diri seseorang maupun pada suatu
masyarakat. Etika berkaitan dengan
nilai-nilai, tata cara hidup yang baik, aturan hidup yang baik dan segala kebiasaan
yang dianut dan diwariskan dari satu orang ke orang
yang lain atau dari satu generasi ke generasi yang lain. Etika bisnis adalah keseluruhan dari aturan-aturan etika, baik yang
tertulis maupun yang tidak tertulis yang mengatur hak-hak dan kewajiban produsen
dan konsumen serta etika yang harus dipraktekkan dalam bisnis.
Etika wirausaha adalah
suatu kode etik perilaku aktor berdasarkan nilai-nilai moral dan norma yang
dijadikan tuntunan dalam membuat keputusan dan memecahkan persoalan. Etika
wirausaha sangat penting untuk mempertahankan loyalitas pemilik
kepentingan dalam membuat keputusan dan memecahkan persoalan organisasi.
2. Apa
yang dimaksud dengan konsumen dan produsen?
Jawaban :
Konsumen adalah adalah pihak yang melakukan
kegiatan konsumsi, yaitu kegiatan yang menggunakan atau menghabiskan nilai
produk berupa barang dan jasa.
Produsen adalah pihak yang melakukan kegiatan
produksi, yaitu kegiatan yang menghasilkan produk berupa barang dan jasa.
3. Sebutkan
hak dan kewajiban konsumen dalam berwirausaha!
Jawaban :
Hak
konsumen :
1. Hak atas kenyamanan,
keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa.
2. Hak untuk
memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa tersebut
sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan.
3. Hak atas informasi yang
benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa.
4. Hak untuk didengar
pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan.
5. Hak untuk mendapatkan
advokasi, perlindungan konsumen, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan
konsumen secara patut.
6. Hak untuk mendapat
pembinaan dan pendidikan konsumen.
7. Hak untuk diperlakukan
atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif.
8. Hak untuk mendapat kompensasi,
ganti rugi, dan/atau penggantian jika barang dan/atau jasa yang diterima tidak
sesuai dengan perjanjian dan tidak sebagaimana mestinya
Kewajiban
Konsumen
1. Membaca atau mengikuti
petunjuk informasi dan prosedur pemakaian atau pemanfaatan barang dan/atau
jasa, demi keamanan dan keselamatan.
2. Beritikad baik dalam
melakukan transaksi pembelian barang dan/atau jasa.
3. Membayar sesuai
dengan nilai tukar yang disepakati.
4. Mengikuti upaya
penyelesaian hukum sengketa perlindungan konsumen secara patut .
4. Sebutkan
hak dan kewajiban produsen dalam berwirausaha!
Jawaban :
Hak
Produsen
1. Hak menerima pembayaran
yang sesuai dengan kesepakatan mengenai kondisi dan nilai tukar barang dan/atau
jasa yang diperdagangkan.
2. Hak untuk mendapat
perlindungan hukum dari tindakan konsumen yang beritikad tidak baik.
3. Hak untuk melakukan
pembelaan diri sepatutnya di dalam penyelesaian hukum sengketa konsumen.
4. Hak untuk rehabilitasi
nama baik apabila terbukti secara hukum bahwa kerugian konsumen tidak diakibatkan
oleh barang dan/atau jasa yang diperdagangkan.
Kewajiban
Produsen
1. Beritikad baik
dalam kegiatan usahanya
2. Memberikan informasi
yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa
serta memberikan penjelasan, penggunaan, perbaikan dan pemeliharaan
3. Memperlakukan atau
melayani konsumen secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif
4. Menjamin mutu barang
dan/atau jasa yang diproduksi dan/atau diperdagangkan berdasarkan ketentuan
standar mutu dan/atau jasa yang berlaku
5. Memberi kesempatan
kepada konsumen untuk menguji dan/atau mencoba barang dan/atau jasa yang dibuat
dan/atau yang diperdagangkan
6. Memberi kompensasi, ganti
rugi, dan/atau penggantian atas kerugian akibat penggunaan, pemakaian dan
pemanfaatan barang dan/atau jasa yang diperdagangkan.
7. Memberi
kompensasi ganti rugi dan/atau penggantian bila barang dan/atau jasa yang
diterima atau dimanfaatkan tidak sesuai dengan perjanjian
5. Jelaskan
beberapa hal perbuatan yang dilarang bagi produsen!
Jawaban :
1. Tidak memenuhi atau tidak sesuai dengan standar yang dipersyaratkan dan
ketentuan peraturan perundang-undangan;
2. Tidak sesuai dengan berat
bersih, isi bersih atau netto, dan jumlah dalam hitungan sebagaimana yang
dinyatakan dalam label atau etiket barang tersebut;
3. Tidak sesuai dengan ukuran,
takaran, timbangan dan jumlah dalam hitungan menurut ukuran yang sebenarnya;
4. Tidak sesuai dengan kondisi,
jaminan, keistimewaan atau kemanjuran sebagaimana dinyatakan dalam label,
etiket atau keterangan barang dan/atau jasa tersebut;
5. Tidak sesuai dengan mutu,
tingkatan, komposisi, proses pengolahan, gaya, mode, atau penggunaan tertentu
sebagaimana dinyatakan dalam label atau keterangan barang dan/atau jasa
tersebut;
6. Tidak sesuai dengan janji
yang dinyatakan dalam label, etiket, keterangan, iklan atau promosi penjualan
barang dan/atau jasa tersebut;
7. Tidak mencantumkan tanggal
kadaluwarsa atau jangka waktu penggunaan/pemanfaatan yang paling baik atas
barang tertentu;
8. Tidak mengikuti ketentuan
berproduksi secara halal, sebagaimana pernyataan “halal” yang dicantumkan dalam
label;
9. Tidak memasang label atau
membuat penjelasan barang yang memuat nama barang, ukuran, berat/isi bersih
atau netto, komposisi, aturan pakai, tanggal pembuatan, akibat sampingan, nama
dan alamat pelaku usaha serta keterangan lain untuk penggunaan yang menurut
ketentuan harus di pasang/dibuat;
10. Tidak mencantumkan informasi dan/atau petunjuk penggunaan barang dalam
bahasa Indonesia sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
6. Sebutkan
fundamental etika yang berlaku pada semua bisnis atau wirausaha!
Jawaban :
Fundamental etika yang
berlaku pada semua etnis menurut Zimmerer (1996) terdiri atas:
1. Sopan santun, yaitu
selalu bicara benar, terus terang, tidak menipu dan tidak mencuri.
2. Integritas, yaitu
memiliki prinsip, hormat dan tidak bermuka dua.
3. Menjaga janji,
yaitu dapat dipercaya bila berjanji, tidak mau menang sendiri
4. Kesetiaan, ketaatan, yaitu benar dan loyal pada keluarga dan teman, tidak
menyembunyikan informasi yang tidak perlu dirahasiakan
5. Kejujuran,
kewajaran (fairness), yaitu berlaku fair dan terbuka, berkomitmen pada
kedamaian, jika bersalah cepat mengakui kesalahan, perlakuan yang sama terhadap
setiap orang dan memiliki toleransi yang tinggi
6. Menjaga satu sama
lain (caring for others), yaitu penuh perhatian, baik budi, ikut andil,
menolong siapa saja yang memerlukan bantuan.
7. Saling
menghargai satu sama lain (respect for others), yaitu menghormati
hak-hak orang lain, menghormati kebebasan dan rahasia pribadi (privasi),
mempertimbangkan orang lain yang dianggap bermanfaat dan tidak berprasangka
buruk.
8. Bertanggung jawab (responsible),
yaitu patuh terhadap undang-undang dan peraturan yang berlaku, jika menjadi
seseorang pimpinan maka harus bersikap terbuka dan menolong.
9. Pengejaran
keunggulan (pursuit of excellence), yaitu berbuat yang terbaik di segala
kegiatan, bertanggung jawab, rajin, berkomitmen, bersedia untuk meningkatkan
kompetensi dalam segala bidang.
10. Dapat dipertanggung
jawabkan (accountability), yaitu bertanggungjawab dalam segala perbuatan
terutama dalam mengambil keputusan
7. Jelaskan
tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam menyusun prinsip dan kerangka kerja
etika!
Jawaban :
Tahapan-tahapan yang
dilakukan dalam menyusun prinsip dan kerangka kerja etika:
1. Pertama, mengakui dimensi-dimensi etika yang ada sebagai suatu alternatif/keputusan
2. Kedua, mengindentifikasi pemilik
kepentingan kunci yang terlibat dalam mengambil keputusan
3. Ketiga, membuat pilihan
alternatif dan membedakan antara tanggapan etika dan bukan etika
8. Sebutkan
hal-hal yang harus diperhatikan dalam menciptakan etika bisnis!
Jawaban :
1. Meningkatkan harapan publik agar perusahaan menjalankan bisnis secara etis
2. Agar perusahaan dan para pekerja tidak melakukan tindakan-tindakan yang membahayakan
stakeholder lain
3. Penerapan etika bisnis di
perusahaan dapat meningkatkan kinerja perusahaan
4. Agar perusahaan terhindar
dari penyalahgunaan oleh karyawan maupun kompetitor yang bertindak tidak etis
5. Perusahaan perlu menerapkan
etika bisnis dalam menjalankan usaha agar tidak memperoleh sanksi hukum karena
menjalankan bisnis secara tidak etis
9. Jelaskan
perbedaan perilaku etis dengan perilaku tidak etis dalam berwirausaha!
Jawaban :
Perilaku etis
1.
Staf akan meniru perilaku pemimpin
2.
Standar etis akan membentuk
kerangka kerja yang positif
Perilaku tidak etis
1.
Menganggu pengambilan
keputusan usaha
2.
Dapat dituntut dengan undang-undang perlindungan konsumen
3.
Bisnis tidak akan mampu
bertahan dalam jangka panjang
10.Etika di lingkungan kerja
berhubungan erat dengan etika terhadap karyawan, etika terhadap
organisasi, dak etika terhadap agen ekonomi. Jelaskan pernyataan
tersebut!
Jawaban :
1. Etika terhadap karyawan,
yaitu meliputi perilaku dalam proses
persekutuan, pemecahan, upah, konisi kerja, privacy dan respek
2. Etika terhadap organisasi, yaitu baik karyawan maupun manager dalam suatu
perusahaan harus menjaga etika organisasi dengan prilaku jujur, tidak menyalahgunakan aset perusahaan
3. Etika terhadap agen-agen ekonomi, yaitu meliputi pemegang saham, pemasok,
penyalur, pesaing dan serikat buruh.
Komentar
Posting Komentar